Jika kamu memiliki sebuah brand dengan merek tertentu dan ingin mengetahui bagaimana cara cek merek dagang lengkap dengan hak paten, kami akan memberikan ulasannya untuk anda. Seperti yang kita ketahui bersama bawah salah satu syarat yang harus dipenuhi calon pendaftar merek dagang adalah merek tersebut belum terdaftar atau belum diajukan pihak lain.

Maka dari itu, sebelum melanjutkan keinginan anda untuk mendaftarkan merek dagang pada DJKI (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual), kita harus memastikan bahwa merek atau hak paten tersebut belum didaftarkan orang lain. Lalu bagaimana cara cek merek dagang tersebut? Silahkan simak ulasan life.divedigital.id dibawah ini.

Cara Cek Merek Dagang di Dgip.go.id

Sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana cara mengecek merek dagang yang terdaftar dan disetujui oleh HKI? Silahkan simak panduannya dibawah ini.

1. Kunjungi Situs Resminya

Pertama silahkan berkunjung ke alamat https://pdki-indonesia.dgip.go.id yang nantinya anda akan dibawa pada halaman dengan tampilan seperti ini.

cek merek dagang

2. Pilih Merek

Selanjutnya silahkan lihat pada kolom yang kami lingkari dibawah ini, pada bagian itu silahkan pilih merek. Ini menandakan bahwa kita akan melakukan pengecekan merek dagang.

merek dagang

3. Masukan Merek Anda

Dan yang ketiga memasukan merek yang ingin anda cek pada kolom pencarian bebas merek. Setelah itu klik tombol pencarian yang posisinya berada disebelah kanan merek.

cara mengecek merek dagang

4. Keluar Hasil

Dan terakhir, sistem dgip.go.id akan mengeluarkan hasil merek dagang yang anda cari, apakah sudah terdaftar atau belum. Dalam hasil ini anda juga bisa melihat, merek tersebut dipegang oleh siapa, statusnya apa, sampai dengan kapan waktu disetujuinya.

pengecekan merek dagang

Cara Cek Hak Paten di Dgip.go.id

Sebenarnya cara yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan hak paten di dgip.go.id tidak jauh berbeda dengan pengecekan merek dagang. Namun agar lebih jelas, kalian bisa menyimak dibawah ini.

1. Kunjungi Situs Resminya

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk pengecekan hak paten adalah dengan mengunjungi situs resmi E-Status DJKI, yang beralamat di https://pdki-indonesia.dgip.go.id. Untuk tampilannya tentu saja dengan yang diatas.

2. Pilih Hak Paten

Selanjutnya pilih hak paten pada kolom yang kami lingkari dibawah ini. Biasanya pertamakali mengunjungi, pilihan akan langsung terdefault dengan paten, jadi anda tidak perlu menyetingnya lagi. Jika pencarian belum ada pada “paten” anda harus mengubahknya terlebih dahulu.

cara mengecek hak paten

3. Masukan Kata Kunci

Selanjutnya silahkan masukan kata kunci terkait hak paten yang ingin anda cek. Misalnya saya akan mencari tahu hak paten terkait pondasi bangunan cakar ayam yang dipegang oleh Dr. Ir Sejiatmo, maka saya bisa memasukan kata kunci “cakar ayam”.

hak paten

4. Keluar Hasil

Setelah anda masukan kata kunci dan klik pencarian seperti mengecek merek dagang tadi, maka akan keluar hasil dengan tampilan seperti dibawah ini.

hasil hak paten

Nah, seperti itulah cara cek merek dagang lengkap dengan cara cek hak paten disitus resmi direktorat jendral kekayaan intelektual. Bagaimana? cukup mudah bukan?

There are currently no comments.