Penyakit hati dan dendam dapat memicu penyakit mental yang sangat parah. Apalagi jika kamu tidak mampu melepaskan kesalahan orang lain dengan memaafkannya. Energi positif yang harusnya dikeluarkan dan dishare ke orang lain justru dibatasi oleh tembok dan jurang kecurigaan.

Mereka yang sulit memberikan maaf, umumnya mengalami kesulitan untuk percaya pada orang lain. Lebih suka menutup diri atau mudah curiga dengan tingkah laku orang di sekitarnya. Padahal sebagai makhluk sosial, berkomunikasi, bercengkrama dan berteman itu sangat penting. Bukan hanya untuk mengisi kekosongan tapi untuk saling berbagi.

Untuk kamu yang selama ini masih merasa kesulitan untuk memafkan kesalahan orang lain, silahkan simak artikel kami tentang cara memaafkan kesalahan orang lain berikut ini.

5 Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Secara teori menyarankan seseorang untuk memaafkan kesalahan mungkin mudah tapi dalam prakteknya sangat sulit. Terlebih jika kesalahan yang dilakukan benar-benar fatal hingga membuatmu merasa kecewa. Tahukah kamu jika tidak memaafkan orang lain sama saja dengan membenci dirimu sendiri?

Coba bayangkan jika kamu bersahabat dengan 5 orang dan berkonflik dengan salah satunya. Persahabatan yang  awalnya terjalin dengan erat, perlahan-lahan mulai melonggar hingga memicu perpecahan. Pada akhirnya, bukan hanya kehilangan satu sahabat kamu berpotensi besar kehilangan semuanya.

Agar terhindar dari resiko tersebut, ikuti panduan berikut agar kamu bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan lapang dada dan tulus:

1. Beri Waktu Untuk Saling Introspeksi Diri

Salah satu alasan kamu sulit memaafkan kesalahan orang lain, karena tanpa kamu sadari orang tersebut sangat berarti dalam hidupmu. Sehingga, kesalahan fatal yang dilakukannya membuatmu merasa terluka dan kecewa. Mendinginkan suasana akan menjadi jembatan terbaik bagi kalian untuk introspeksi diri.

Bicara ketika suasana sedang tidak kondusif hanya akan melukai dirimu sendiri. Mengingat setiap orang punya cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa kecewa dan amarahnya. Jangan sampai kamu dibutakan emosi hingga berkata buruk yang nantinya akan kamu sesali.

Perkataan yang kamu utarakan memang tidak bisa ditarik kembali. Namun kita masih memiliki kesempatan untuk memperbaikinya dan bilang ‘maaf’. Meskipun pada faktanya kita tidak berniat untuk demikian, Tanpa kamu sadari kamu telah melakukannya dan kebenciaan yang kamu taburkan membuat hubungan baik menjadi semakin rusak.

2. Belajar Berpikiran Terbuka

Kikir maaf bukan berarti berpikiran sempit. Cobalah pandang masalah dengan pikiran terbuka jangan memandang hanya dari satu sisi saja. Kamu harus bersikap lapang dada dan berpikir dari sudut pandang orang lain. Mengapa orang tersebut melakukan kesalahan padamu? Cari tahu alasannya.

Setelah kamu mengetahui alasannya, kamu baru boleh mengambil keputusan. Untuk segera memaafkan kesalahan orang tersebut atau tetap bertahan dengan hati yang dingin. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang ingin melakukan kesalahan. Semua orang ingin memiliki hidup yang lurus, nyaman dan tenang.

3. Stimulasi Otak Agar Mengingat Hal Positif  Di Antara Kalian

Selama berhubungan dengan orang lain, tentunya kamu tidak hanya mengalami momen-moment menyedihkan. Banyak moment menyenangkan yang kalian bagi bersama. Mengingat moment menyenangkan dan positif akan membantumu memaafkan kesalahan orang lain.

Meskipun hanya sedikit, perlahan-lahan kamu akan keluar dari belenggu sakit hati dan memaafkan kesalahan fatal orang tersebut. Karena bila dibandingkan dengan kenangan buruk, pastinya kamu memiliki lebih banyak kenangan baik dengan orang tersebut bukan?

Kenangan menyenangkan yang sayang rasanya harus terhapus dan terlupakan karena kesalahan yang tak termaafkan. Cobalah untuk hidup bahagia dengan berpikiran positif. Karena semakin banyak menyimpan kekesalan, kebencian dan amarah. Semakin tinggi pula tekanan dan stress yang kamu rasakan. Tentunya kamu tidak ingin kehilangan berat badan atau berumur pendek bukan?

4. Pikirkan Bagaimana Hidupmu Ketika Kehilangannya

Kehilangan orang terdekat yang sejak lama menemani dirimu disaat suka maupun duka akan memberikan pukulan yang amat dahsyat. Terlebih jika penyebabnya adalah sikap burukmu yang sulit memaafkan. Rasa kecewa yang kamu alami mungkin sangat besar, tapi bukan berarti tidak bisa disembuhkan bukan?

Sebaliknya, kehilangan orang yang penting dan kamu sayangi. Akan memberikan rasa tidak nyaman dan lubang besar pada hatimu. Kamu tidak bisa memaksakan diri untuk bahagia ketika ada orang lain yang terluka. Hal yang sama juga dirasakan oleh orang lain yang tidak bisa menjalankan hidupnya dengan damai karena masih berhutang maaf padamu.

5. Saat Kamu Siap, Bicaralah 4 Mata

Dan cara memaafkan kesalahan orang lain yang terakhir adalah berbicara secara 4 mata. Komunikasi harus tetap berjalan supaya masalah yang terjadi tidak berlarut-larut. Dan bisa dicari jalan keluarnya.

Jika setelah bicara empat mata, kamu masih belum berhasil menyelesaikan permasalahan dan memaafkan dengan ikhlas. Tidak ada salahnya meminta bantuan pihak ketiga. Manfaatkan pihak ketiga sebagai tempat mencurahkan hati. Tapi pastikan terlebih dahulu, jika pihak ketiga yang kamu pilih tidak memihak pada salah satu pihak.

Demikianlah beberapa tips dan cara memaafkan kesalahan orang lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang pernah berbuat kesalahan begitu pula dirimu.

Jika kamu ingin mendapatkan kata maaf. Maka mulailah dengan memberikan maaf pada orang lain.

Life.

Meskipun sepele, kata maaf yang kamu berikan sangat berarti. Bukan hanya bagimu tapi juga untuk orang lain terutama orang-orang di sekitarmu yang menyayangi dan mencintaimu apa adanya. Bacra juga tips menghilangkan rasa bersalah.

There are currently no comments.