Siapa sih orang yang tidak suka dengan karya seni? Faktanya mengoleksi atau sekedar mecari tahu sebuah karya seni bisa menjadi salah satu moodboaster paling ampuh untuk mengembalikan energi setelah seharian bekerja. Mungkin kamu sudah memiliki daftar favorit karya seni terbaik sendiri, namun sudah kamu tahu mengenai karya seni paling terkenal didunia dan selalu dibicarakan banyak orang?

7 Karya Seni Paling Terkenal di dunia

Kami akan mengajak kamu kepada 7 karya seni paling terkenal di dunia sepanjang masa yang kami yakin, kamu juga sudah tidak asing dengan beberapa karya seni yang akan kami bagian berikut ini. Yuk ikuti pembahasan kami.

1. Mona Lisa

Mona Lisa

Tentu kamu sudah tidak asing dengan lukisan satu ini, bahkan ia sempat menghiasi meme-meme yang tersebar luas di sosial media, yaps, salah satu karya seni paling populer didunia adalah sebuah gambar wanita dengan senyum misterius yang sebenarnya tidak ada orang yang bisa memastikan wanita itu siapa.

Beberapa orang memang sempat mengetakan bahwa wanita dalam lukisan tersebut adalah Lisa Gherardini, yakni istri dari seorang pedagang Florence Francesco del Giocondo, tetapi banyak ahli yang tidak begitu yakni dengan pendapat itu.

Sekedar informasi saja, bahwa lukisan mona lisa ini pertama kali dipajang pada tahun 1804, yang uniknya dulu tidak banyak orang yang kenal dengan lukisan ini, namun tahun 1911 seorang mantan karyawan Louvre mencuri lukisan itu dan menyembunyikannya selama dua tahun, sejak saat itulah lukisan ini mulai dikenal banyak orang.

2. The Last Supper

The Last Supper

The Last Supper adalah karya seni paling terkenal selanjutnya dimana pelukis dibalik karya ini adalah orang yang sama dengan lukisan monalisa tadi, yakni Leonardo da Vinci pada sekitaran tahun 1495 sampai dengan 1498. Lukisan ini menggambarkan sebuah moment yang sangat membekas, yakni ketika Yesus menyantap ropi bersama pengikutnya sebelum dilakukan penyalipan.

Tahukah kamu bahwa The Last Supper adalah sebuah lukisan dinding dengan ukuran sangat besar, yakni sekitar 4,6m x 8,8m, merupakan salah satu warisan Leonardo yang selalu terkenang dan tak terlupakan. Lukisan ini berhasil selamat dari dua peristiwa, yakni ketika para pasukan Napoleon menggunakan dinding itu sebaai sasaran tembak dan juga sempat terpapar udara selama bertahun-tahun pada masa perang dunia ke 2, dimana pada masa itu atap biara Dominika Santa Maria delle Grazie  ikut hancur.

3. The Starry Night

the starry night

Sebuah lukisan denan judul “The Starry Night’ ini adalah karya Vincent van Gogh yang dibuat pada tahun 1889. Tidak melulu menggambarkan sebuah moment yang terlihat dengan jelas, lukisan abstrak hasil dari sapuan menggunakan kuas tebal dan mencolok ini juga menjadi salah satu lukisan paling terkenal. Lukisan ini memperlihatkan sebuah pemandangan pada malam hari dengan warna biru dan kuning yang sangat mencolok serta atmosfer yang berputar-putar yang membuat banyak penikmat karya seni pada masa itu penasaran.

Perlu kamu ketahui bahwa karya luar biasa ini diciptaan oleh Vincent Van Gogh disebuah rumah sakit jiwa yang ada di Saint-Remy Prancis, ini adalah lukisan yang dia buat karena terinspirasi dari pemadangan malam hari yang ia lihat melalui jendela kamarnya.

4. The Scream

The Scream

Masih dengan tema yang sama, lukisan paling terkenal selanjutnya adalah lukisan abstrak dari seorang seniman bernama Advard Munch yang dibuat pada tahun 1893, musium ini dapat kamu lihat di Museum Nasional Slo, Norway. Judul lukisan ini sendiri dalah ‘The Scream’. Sama seperti kasus pencurian lukisan Mona Lisa, lukisan ini juga pernah dicuri namun berhasil ditemukan kembali.

Mungkin kamu akan mengira bahwa lukisan itu menggambarkan seorang yang sedang berteriak, faktanya tidak demikian, lukisan ini menceritakan bahwa orang yang ada pada garis depan itu ingin mengehalangi sebuah suara yang tidak tahu dari mana asalnya. Cerita ini terinspirasi oleh pengalaman nyata dari Edvard Munch saat jalan sore di Oslo saat matahari hampir terbenam.

5. Guernica

Guernica

Lukisan dengan judul Guernica ini adalah karya dari seorang seniman bernama Pablo Picasso yang dibuat pada tahun 1937 yang saat ini bisa kamu nikmati karyanya di Museo Reina Sofia Madrid. Melihat karya seni seperti ini mungkin kamu akan teringat dengan salah satu seniman Indonesia bernama Alip Jhon, yaps karyanya memang memiliki tema seperti ini dengan warna-warna yang lebih berani.

Apakah kamu bisa menangkap gambaran besar atau cerita dibalik lukisan berjudul Giernica ini? Lukisan ini sendiri menggambarkan dampak dari pengeboman udara yang terjadi di Jerman, lebih tepatnya di Guernica yang terjadi pada peerang dikenal sebagai the Spanish Civil War.

6. The Kiss

The Kiss

Lukisan atau karya seni paling terkenal di dunia yang selanjutnya adalah milik Guestav Klimt dengan judul ‘The Kiss’ yang diperkirakan dibuat pada tahun 1907 sampai dengan 1908. Lukisan ini saat ini bisa kamu lihat di Museum Upper Belvedere yang ada di Vienna, Australia.

Ini adalah salah satu warisan dari Guestav Klimt yang keberadaanya sejauh ini tidak untuk dijual. Seperti yang kita ketahui bahwa lukisan karya Guestav Klimt pernah ada yang dijual, tentu saja dengan harga yang snagat fantastis, salah satinya adalah Portrait of Adele Bloch-Bauer II pada tahun 2016 lalu dan laku sekitar 150 juta dollar.

7. Girl With a Pearl Earring

Girl With a Pearl Earring

Ini adalah lukisan paling terkenal di dunia yang terakhir kami bagikan kepada kamu semua dengan judul ‘Girl With a Pearl Earring’ yang dibuat oleh Johannes Vermeer pada tahun 1665. Sebuah lukisan yang objeknya mirik dengan Mona Lisa, yakni seorang wanita. Namun sebenarnya ini berbeda dengan Mona Llisa lho, selain gaya orang yang dilukis, perbedaan selanjutnya terletak pada teknisnya, dimana ini bukanlah lukisan potrait yakni tronie.

Selain itu, dalam lukisan ‘Girl With a Pearl Earring’ sosok wanita yang digambarkan juga tidak memperlihatan aura yang sama, yakni ia cenderung datar dan tidak senyum, sedangkan Mona Lisa memperlihat senyum meskipun misterius.

Itulah 7 karya seni paling terkenal yang ada di dunia, dimana lukisan-lukisan ini masih bisa kamu nikmati dan kamu lihat di museum, tempat dimana lukisan itu disimpan. Dari 7 lukisan ini, mana lukisan yang sering kamu lihat, kami yakin jawabannya adalah lukisan Mona Lisa.

There are currently no comments.